Koreksi Ritual di Bulan Rajab
Sekarang telah jelas bagi kita kemuliaan bulan Rajab, dan tiga bulan yang lain. Allah melarang kita berbuat keharaman di bulan haram ini, namun ada hal yang sangat kita sayangkan, sebagian besar kaum muslimin yang ingin mengisi bulan haram ini dengan ibadah dan ketaatan tapi karena tidak tahu dan faktor lainnya akhirnya mereka mengisi bulan haram ini dengan berabgai kebid’ahan. Seharusnya dalam bulan haram ini kita dibencinya berbuat kezaliman tapi kenyataannya bulan haram telah dicoreng dengan kebid’ahan-kebid’ahan yang marak dilakukan oleh sebagian kaum muslimin sendiri. Marilah kita meningkatkan rasa takut kepada adzab-adzab Allah. Semoga Allah memaafkan kesalahan-kesalahan kita, dan semoga Allah menambah ilmu dan pemahaman Islam yang benar kepada kita. [Redaksi KhotbahJumat.com]
***
Koreksi Ritual di Bulan Rajab
إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا
أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ وَشَرَّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ:
KHUTBAH PERTAMA
Kaum muslimin, jamaah Jumat yang dimuliakan Allah.
Pada kesempatan kali ini, kami nasihatkan kepada diri kami pribadi dan kepada seluruh kaum muslimin untuk selalu bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan sebenar-benar takwa.
Salah seorang ulama Tabi’in, Tholaq bin Habib mengatakan, ketika beliau memahami arti takwa kepada Allah. Beliau berkata, “Takwa adalah engkau beramal dalam ketaatan kepada Allah di atas petunjuk dari Allah dengan mengharap pahala dari Allah. Dan engkau meninggalkan maksiat kepada Allah di atas petunjuk dari Allah karena takut adzab Allah.”
Demikian makna takwa kepada Allah yang harus kita tanamkan dalam dada kita, sehingga ketika mendengar kalimat “bertakwalah” maka kita teringat perintah-perintah Allah yang harus kita kerjakan dan larangan-larangan Allah yang harus kita jauhi, di atas ilmu dan iman dengan mengharap pahala dari takut siksa-Nya.
Kaum muslimin yang dimuliakan Allah
Allah telah melimpahkan kepada kita nikmat yang sangat banyak. Di antara nikmat yang kita sering lupa mensyukurinya adalah nikmat waktu dan kesempatan. Mari kita bertanya pada diri kita masing-masing, sudahkah kita mengisi hari-hari kita dengan ketaatan kepada Allah Ta’ala.
Ketahuilah wahai saudaraku! Sekarang ini kita berada di bulan yang mulia. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengharamkan kezaliman pada empat bulan yang haram, bulan-bulan yang mulia. Perhatikanlah firman-Nya pada surat At-Taubah ayat 36.
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتَابِ اللهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّماَوَاتِ وَاْلأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ فَلاَتَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَآفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَآفَّةً وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”
Yang dimaksud dengan empat bulan haram adalah Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tafsir tentang mulianya empat bulan ini ketika haji wada’, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ الزَمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللهُ السَمَوَاتِ وَالأَرْضَ، السَنَةُ اِثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةُ حُرُمٍ ثَلَاثٌ مُتَوَلِيَاتٌ: ذُوْ القَعْدَةِ وَذُوْ الحِجَّةِ وَالمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرُ الَّذِيْ بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانِ
“Sesungguhnya waktu itu berputar seperti bentuknya pada hari diciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan, di dalamnya ada empat bulan haram, tiga bulan beruturut-turut yaitu: Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Muharrom, dan Rajab yang diagungkan yang berada di antara Jumada Tsani dan Syaban.” (HR. Bukhari, no.5550 dan Muslim, no.1679)
Kaum muslimin yang dimuliakan Allah
Sekarang telah jelas bagi kita kemuliaan bulan Rajab, dan tiga bulan yang lain. Allah melarang kita berbuat keharaman di bulan haram ini, namun ada hal yang sangat kita sayangkan, sebagian besar kaum muslimin yang ingin mengisi bulan haram ini dengan ibadah dan ketaatan tapi karena tidak tahu dan faktor lainnya akhirnya mereka mengisi bulan haram ini dengan berabgai kebid’ahan. Seharusnya dalam bulan haram ini kita dibencinya berbuat kezaliman tapi kenyataannya bulan haram telah dicoreng dengan kebid’ahan-kebid’ahan yang marak dilakukan oleh sebagian kaum muslimin sendiri. Marilah kita meningkatkan rasa takut kepada adzab-adzab Allah. Semoga Allah memaafkan kesalahan-kesalahan kita, dan semoga Allah menambah ilmu dan pemahaman Islam yang benar kepada kita.
Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah, di antara kebid’ahan-kebid’ahan yang dilakukan pada bulan Rajab adalah:
Pertama, mengadakan peringatan Isra Miraj.
Peringatan Isra’ Mi’raj merupakan perayaan tahunan yang selalu diramaikan oleh sebagian besar kaum muslimin. Mereka menetapkan bahwa malam tanggal dua puluh tujuh Rajab adalah malam Isra’ Mi’raj.
Jamaah Sholat Jumat yang dimuliakan Allah.
Kalau kita tilik sejarah kehidupan kekasih kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam akan kita temukan berbagai pendapat di kalangan para ulama, tidak ada kepastian terjadinya malam yang sangat mulia itu, ada yang mengatakan terjadi pada tanggal 22 Jumada Ula, ada yang mengatakan terjadi satu atau dua tahun sebelum hijriah dan ada pula yang mengatakan terjadi enam belas bulan sebelum hijriah. Jika demikian adanya lalu manakah yang mereka jadi patokan dalam merayakan malam Isra’ Mi’raj mereka? Ini adalah bukti nyata akan salahnya acara peringatan tahunan ini.
Anggaplah memang malam Isra’ Mi’raj itu terjadi pada tanggal dua puluh tujuh Rajab, tetapi apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan dan memerintahkan kita merayakan malam tersebut?! Tidak ada dalil shahih menunjukkan bahwa Rasulullah mensyariatkan peringatan Isra’ Mi’raj.
Kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya tidak pernah merayakan malam tersebut! Lalu ajaran siapakah yang kita amalkan? Jika kita tetap mengadakan perayaan setelah kita tahu bathilnya ibadah ini, maka secara tidak langsung kita telah mengaku diri kita lebih tahu syariat Islam dari pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Mengapa kita tidak mencukupkan diri dengan syariat yang telah jelas kebenarannya, bersungguh-sunguh dan ikhlas mengamalkan sunah-sunah kekasih kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kita bertanya kepada diri kita masing-masing, apa yang menjadikan kita tidak puas dengan syariat Nabi kita sehingga perlu ibadah-ibadah tambahan yang pada hakikatnya adalah boomerang yang menghantam kita di akhirat kelak, naudzu billahi mindzalik.
Jamaah Shalat Jumat yang dimuliakan Allah.
Kedua: Amalan bid’ah berikutnya adalah puasa di awal bulan Rajab.
Ketahuilah wahai saudaraku! Puasa adalah salah satu bentuk ibadah, dan setiap ibadah harus memiliki landasan syar’i jika tidak memiliki dalil maka dia adalah bid’ah yang bisa merusak agama dan pelakunya.
Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani berkata, “Tidak ada dalil yang shahih yang bisa dijadikan hujjah atas keutamaan puasa di awal bulan Rajab, dan mengkhususkan ibadah shalat malam pada bulan tersebut.”
Namun hal ini tidaklah berarti tidak ada sama sekali puasa pada bulan ini, syariat puasa Senin-Kamis dan puasa Daud atau puasa bidh (puasa tiga hari setiap bulan, tanggal 13,14,15) tetap berlaku berdasarkan keumuman hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Ketiga: Amalan bid’ah ketiga adalah shalat Ragha’ib, yaitu shalat pada malam Jumat yang pertama di bulan Rajab.
Imam Suyuthi menegaskan kebid’ahan shalat Ragha’ib ini dalam kitabnya Al-Amru bil Itiba’ wannahyu anil ibtida, Hal. 167. Beliau mengatakan, “Ketahuilah, semoga Allah merahmatimu, sesungguhnya mengagungkan hari ini dan malamnya, adalah hal yang diada-adakan dalam syariat Islam setelah tahun yang keempat ratusan. Hadis-hadis yang diriwayatkan di dalamnya adalah hadis-hadis maudhu’ menurut kesepakatan para ulama.
Demikian pula yang ditegaskan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar, Imam Ad-Dzahabi, Ibnu Qoyyim Al-Jauzi, Ibnu Taimiyyah dan ulama yang lainnya.
Ma’asyiral Muslimin sidang Jumat yang dimuliakan Allah.
Marilah kita mengingat kembali bahwa semua ibadah tidak akan diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kecuali jika ibadah tersebut ikhlas dan mutaba’ah (mencontoh) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana yang ditegaskan dalam sabdanya,
مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
“Barangsiapa yang mengerjakan suatu amalan yang bukan dari urusan kami maka amalan tersebut akan tertolak.” (HR. Bukhari, no.2697 dan Muslim, no.1618)
Demikianlah yang bisa kami sampaikan pada khutbah yang pertama ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ مَا تَسْمَعُوْنَ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ اْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.
KHUTBAH KEDUA
الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَـمِيْنَ، أَمَرَنَا بِاتِّبَاعِ صِرَاطِهِ الْـمُسْتَقِيْمِ وَنَهَانَا عَنِ اتِّبَاعِ سُبُلِ أَصْحَابِ الْـجَحِيْمِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْـمَلِكُ الْبَرُّ الرَّحِيْمُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ بَلَّغَ اْلبَلاَغَ الْـمُبِيْنَ وَقَالَ: عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ تَلَقَّوْا عَنْهُ الدِّيْنَ وَبَلَّغُوْهُ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا، أَمَّا بَعْدُ:
Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah.
Pada khutbah kedua ini kembali kita ingatkan akan kesempurnaan Islam ini dalam firman-Nya,
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ اْلإِسْلاَمَ دِينًا
“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhoi Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 3)
Ibnu Katsir berkata, “Ini merupakan nikmat Allah yang terbesar bagi umat ini, di mana Allah menyempurnakan agama mereka, maka mereka tidak butuh kepada agama selainnya, dan tidak butuh pula kepada Nabi selain Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, oleh karena itu Allah menjadikannya sebagai penutup para nabi dan diutus-Nya kepada manusia dan jin. Tidak ada kehalalan kecuali apa yang dihalalkan, tidak ada keharaman melainkan apa yang diharamkan dan tidak ada agama kecuali apa yang disyariatkannya.” (Tafsir Ibnu Katsir, 2:15)
Perlu pula dipahami bahwa tidak ada suatu amalan pun yang bisa mendekatkan seseorang ke surga melainkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskannya dan tidak pula ada suatu amalan yang bisa menjauhkan seseorang dari neraka melainkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskannya, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam nyatakan dalam sabdanya,
مَا بَقِيَ شَيْءٌ يُقَرِّبُ مِنَ الجَنَّةِ وَيُبَاعِدُ مِنَ النَّارِ إِلَّا وَقَدْ بُيِّنَ لَكُمْ
“Tidak ada sesuatupun yang bisa mendekatkan seseorang ke surga dan menjauhkan dari neraka melainkan telah dijelaskan kepada kalian.” (HR. Ahmad, 5:153 dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahihah, 4:416)
Jamaah Shalat Jumat yang dimuliakan Allah.
Janganlah berlebih-lebihan dalam agama karena ghuluw (berlebih-lebihan) merupakan salah satu penyebab hancurnya agama. Allah dan Rasul-Nya memperingatkan agar tidak ghuluw dalam agama, perhatikan firman Allah Ta’ala,
يَاأَهْلَ الْكِتَابِ لاَ تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ وَلاَ تَقُولُوا عَلَى اللهِ إِلاَّ الْحَقَّ
“Wahai ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar.” (QS. An-Nisa: 171)
Demikian juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat wanti-wanti melarang ghuluw dalam agama sebagaimana sabdanya,
إِيَّاكُمْ وَالغُلُوَّ فِي الدِّيْنِ فَإِنَّمَا أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ الغُلُوُّ فِي الدِّيْنِ
“Jauhkanlah oleh kalian ghuluw (berlebih-lebihan) dalam agama, sesungguhnya sebab binasa kaum sebelum kalian ialah ghuluw dalam agama.” (HR. Ibnu Majah, no.3029, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah, 3:279)
Jangan pula kita menganggap amalan para sahabat itu kurang sehingga perlu ditambah dengan amalan-amalan bid’ah. Ketahuilah wahai saudaraku, bahwa sederhana tetapi di atas sunah lebih baik daripada bersungguh-sungguh dalam kebid’ahan. Alangkah bagusnya apa yang disampaikan sahabat yang mulia Abu Darda dan Abdulloh Ibnu Mas’ud.
إِقْتِصَادُ فِي السُنَّةِ خَيْرٌ مِنْ اجْتِهَادِ فِي البِدْعَةِ
“Sederhana dalam Sunnah lebih baik daripada sungguh-sungguh di atas kebid’ahan.”
Demikianlah yang bsia kami sampaikan pada khutbah kali ini, mudah-mudahan apa yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Akhirnya kepada Allah-lah kita memohon agar diberikan kemantapan dalam beramal shalih dan kepada-Nya kita minta agar dijauhkan dari segala macam kebid’ahan sehingga apa yang kita lakukan benar-benar menjadi bekal kita dalam memasuki kehidupan akhirat.
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الْـخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِيْ بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِي وَعَنْ جَمِيْعِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ لَـهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمَ الدِّيْنِ
اللَّهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَالْـمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْـمُشْرِكِيْنَ. وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّينِ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْـمُوَحِّدِيْنَ. اللَّهُمَّ أَصْلِحْ أَحْوَالَ الْـمُسْلِمِيْنَ في كُلِّ مَكَانٍ.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْـمُسْلِمَاتِ وَالْـمُؤْمِنِيْنَ وَالْـمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّهُ سَمِيْعٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَ اللهِ … اذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ الْـجَلِيْلَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.
Download Naskah Materi Khutbah Jum’at
[download id=”96″]
Info Naskah Khutbah Jum’at
Sumber: Majalah Al Furqon, Edisi 12 Tahun ke-7 1429 / 2008
Kata kunci: bulan rajab, kebid’ahan.
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
- SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
- DONASI hubungi: 087 882 888 727
- Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
- Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
Artikel asli: https://khotbahjumat.com/1063-koreksi-ritual-di-bulan-rajab.html